Minggu, 13 November 2011

Taman Nasional Komodo


Taman Nasional Komodo terletak di antara dua pulau yaitu Pulau Sumbawa dan Pulau Flores antara perbatasan Nusa Tenggara Timur ( NTT ) dan Nusa Tenggara Barat ( NTB ). Di sini terdapat tiga pulau utama atau pulau yang sedikit besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca and Pulau Padar dan sisanya adalah pulau kecil dengan luas daratan 603 km2. Total luas Taman Nasional Pulau Komodo sekarang adalah 1917 km2.

Sejarah Taman Nasional Pulau Komodo
Taman Nasional Pulau Komodo di temukan sekitar tahun 1980 dan telah di nyatakan salah satu bagian dunia yang perlu di lindungi dan biosphere reserve oleh badan UNESCO pada tahun 1986. Taman Nasional ini awalnya di bentuk dengan tujuan untuk melesatarikan spesies Naga yang unik dan langka ( Komodo ) yang di kenal dengan bahasa ilmiahnya Varanus Komodoensis yang di temukan pertama kali oleh JKH Van Steyn sekitar tahun 1911. Setelah itu bukan hanya Naga Komodo yang di lindungi tapi semua keanekaragaman hayati baik laut dan darat masuk dalam wilayah konservasi Taman Nasional Pulau Komodo.

Mayoritas orang-orang yang tinggal di Pulau Komodo dan sekitarnya adalah Nelayan yang berasal dari Bima ( Sumbawa ), Manggara, Flores Selatan, Sulawesi Selatan yang berasal dari suku Bajau Bugis. Suku Bajau awalnya suku yang hidup sebagai pengembara yang senang berpindah dari tempat yang satu ke tempat yang lainya.

Penghuni asli Pulau Komodo adalah orang-orang suku Ata Modo yang masih ada di Pulau Komodo tapi seiring dengan pendatang dari daerah yang lain maka darah, adat budaya dan bahasa telah bercampur dengan pendatang baru.





Agama
Sebagian besar nelayan yang tinggal di desa-desa daerah Pulau Komodo adalah Muslim apalagi penduduk yang berasal dari Bajau Bugis dan Bima sebagian besar beragama Islam sedangkan masyarakat yang bersalal dari Manggarai kebanyakan beragama Kristen.

Kesehatan
Sebagian besar dari desa-desa yang terletak agak dalam mempunyai pasilitas air bersih tetapi akan mengalami kekurangan air bersih jika musim kemarau datang, dengan penurunan kualitas air selama musim kemarau menyebabkan banyak orang yang sakit terutama Malaria dan Diarre.

Pulau Mesa adalah pulau dengan jumlah penduduk sekitar 1.500 orang, di sini air bersih atau air tawar tidak ada jadi rata-rata penduduk setempat membeli air Labuhan Bajo yang di bawa dengan derigen-derigen yang di angkut oleh kapal. Rata-rata keperluan untuk air tawar penduduk setempat adalah Rp. 100.000 per keluarga. Hampir setiap desa memiliki pasilitas medis walaupun dengan kualitas yang rendah tidak seperti kota-kota besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

"Smells Like Youth Spirit" 10 Tips memulai bisnis kaos 15 TUNTUNAN MEMINANG ISLAMI... yang diketahui Drs. M. Thalib Ada Mayat Menangis Di dalam kuburan Dan Terdengar Oleh masyarakat Hingga jadi Fenomena Yang Menghebohkan Amalan malam Jum’at dan hari Jum’at Arti Sakinah Mawadah Warahmah Awas Jebakan Virus Menyebar Lewat Facebook Chat BAHAYA ONANI BAND GRUNGE INDONESIA Cara Melatih Dan Menguatkan Ingatan Cara Menghapus Virus Shortcut Cara Mudah Menyadap SMS dan Telepon Cara Unreg SMS Premium CaTeRinG FLORA UTAMA PaLeMBang-Indonesia Daftar gajih karyawan google Didatangi Arwah Suami pada Malam Anggara Kasih DISCOSHIT Dll) First Son Fitrah dan Profesi Serta Nisab Dalam Agama Islam Hukum Kebiasaan yang Merusak Pernikahan Keindahan Poligami Dalam Islam kode handphone cina Lambang Negara Indonesia Lamin Tumenggung Merta di Tanjung Isuy Kutai Barat Larangan Legenda Danau Toba Mabuk Laut Memahami Warna Membuat website penghasil uang Milad Saya^ 22 November 2010 Muamalat Jual Beli Dalam Islam (Pengertian Murah Nelpon dan sms gratis Telkomsel Objek Wisata Situ Bagendit Oleh Fatrin Budiman (Masa Kuliah 2 th lalu) Oleh P_man Metamorfosis PD: Pertemuan SBY-Sri Mulyani Jangan Dikaitkan Capres 2014 Pemilik PSG Coba Rayu Beckham Penemu dan Pemilik FACEBOOK Pohon yang Menjadi Tempat Tinggal Hantu PRIA POSESIF Pulau Kemarau RAUT Real Madrid Rukun Rumah Konsep Palembang Rumus Cara Menghitung Zakat Maal/Harta Sahid Imara Palembang Hotel Sedapnya Potensi Bisnis Pempek Palembang Seni Untuk Semua Taaruf Dalam Islam Taman Nasional Komodo Tata Cara Hubungan Suami Istri di Malam Pertama Menurut Agama Islam Tata Cara Perkawinan Dalam Islam Tata Cara Shalat Jenazah Tata Cara Shalat Wajib Tentang Coca-Cola The Nightmare In The Hospital THE-SHERIFF Tiket tiket pesawat murah Tiket Tour Murah Tour tour murah ke bangkok 2010 tour murah ke china 2010